26/05/2015

Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)



Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dikembangkan oleh Slavin (1990). Pada pembelajaran ini siswa dikelompokkan ke dalam kelompok kecil. Kemudian seluruh kelas diberikan presentasi materi pelajaran lalu diberikan tes individu. Nilai-nilai individu digabungkan menjadi nilai kelompok. Pada model pembelajaran kooperatif tipe ini walaupun siswa dites secara individual, siswa tetap dipacu untuk bekerja sama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi kelompoknya.

Langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD:
a. Guru menyampaikan materi pembelajaran atau permasalahan kepada siswa.
b. Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual untuk memperoleh skor awal.
c. Guru mengelompokan siswa terdiri dari 4-5 orang dengan kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang, dan rendah). Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda tetapi tetap mementingkan kesetaraan jender. Sebagai catatan: 4 anggota lebih baik. Anggota kelompok dapat ditempatkan 5 orang jika kelas tersebut tidak dapat dibagi 4 secara merata.
d. Guru membacakan tugas-tugas tim lalu mintalah setiap tim untuk menyatukan meja. Berilah waktu beberapa menit (misal 10 menit) untuk memberi kesempatan kepada setiap kelompok memberi nama tim mereka.
e. Bagilah lembar kerja atau tugas yang telah disiapkan (cukup 2 lembar untuk setiap tim, JANGAN LEBIH).
f.  Bahan materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok. Sarankan setiap tim untuk bekerja di kelompoknya secara berpasangan (berdua-berdua atau berdua-bertiga bagi kelompok yang beranggotakan 5 orang). Mereka dapat berbagi tugas, atau saling mengoreksi, menjelaskan, dan mengkritisi pekerjaan pasangan lain di dalam kelompoknya. Pembelajaran kooperatif tipe STAD biasanya digunakan untuk penguatan pemahaman materi.
g.  Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
h.   Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual.
i.  Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya (terkini).

Referensi:
Faiq, M. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD : CaraMemperkenalkan. [Online]. (Tanggal Akses: 26/05/15 09.04 WIB).
Faiq, M. 2012. Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif untuk Diterapkan Di Kelas Anda. [Online]. (Tanggal Akses: 26/05/15 09.16 WIB).
Slavin, R. 1990. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Englewoods Cliff, NJ: Prentice-Hall.


No comments:

Post a Comment