Pembelajaran
kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dikembangkan oleh Slavin (1990). Pada pembelajaran ini siswa dikelompokkan
ke dalam kelompok kecil. Kemudian seluruh kelas diberikan presentasi materi
pelajaran lalu diberikan tes individu. Nilai-nilai individu digabungkan menjadi
nilai kelompok. Pada model pembelajaran kooperatif tipe ini walaupun siswa
dites secara individual, siswa tetap dipacu untuk bekerja sama untuk meningkatkan
kinerja dan prestasi kelompoknya.
Langkah-langkah
penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD:
a. Guru
menyampaikan materi pembelajaran atau permasalahan kepada siswa.
b. Guru
memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual untuk memperoleh skor
awal.
c. Guru
mengelompokan siswa terdiri dari 4-5 orang dengan kemampuan yang berbeda-beda
(tinggi, sedang, dan rendah). Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras,
budaya, suku yang berbeda tetapi tetap mementingkan kesetaraan jender. Sebagai
catatan: 4 anggota lebih baik. Anggota kelompok dapat ditempatkan 5 orang jika
kelas tersebut tidak dapat dibagi 4 secara merata.
d. Guru
membacakan tugas-tugas tim lalu mintalah setiap tim untuk menyatukan meja. Berilah
waktu beberapa menit (misal 10 menit) untuk memberi kesempatan kepada setiap kelompok
memberi nama tim mereka.
e. Bagilah
lembar kerja atau tugas yang telah disiapkan (cukup 2 lembar untuk setiap tim,
JANGAN LEBIH).
f. Bahan
materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok. Sarankan setiap tim
untuk bekerja di kelompoknya secara berpasangan (berdua-berdua atau
berdua-bertiga bagi kelompok yang beranggotakan 5 orang). Mereka dapat berbagi
tugas, atau saling mengoreksi, menjelaskan, dan mengkritisi pekerjaan pasangan
lain di dalam kelompoknya. Pembelajaran kooperatif tipe STAD biasanya digunakan
untuk penguatan pemahaman materi.
g. Guru
memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan
penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
h. Guru
memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual.
i. Guru
memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil
belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya (terkini).
Referensi:
Faiq, M. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD : CaraMemperkenalkan. [Online]. (Tanggal Akses: 26/05/15 09.04 WIB).
Faiq, M. 2012. Jenis-Jenis Model Pembelajaran Kooperatif untuk Diterapkan Di Kelas Anda. [Online]. (Tanggal Akses: 26/05/15 09.16 WIB).
Slavin,
R. 1990. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Englewoods
Cliff, NJ: Prentice-Hall.
No comments:
Post a Comment