Numbered Heads Together merupakan
tipe dari model pengajaran kooperatif pendekatan struktural. Ini adalah
suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Spencer Kagen (1993) untuk
melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu
pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut
(Ibrahim dkk, 2000:28).
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN NHT
Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe NHT merujuk pada konsep Kagen (Ibrahim, 2000: 29),
ada tiga langkah yaitu:
a) pembentukan
kelompok;
b) diskusi
masalah;
c) tukar
jawaban antar kelompok.
Langkah-langkah
tersebut kemudian dikembangkan oleh Ibrahim (2000: 29) menjadi enam langkah. Berikut ringkasan dari langkah-langkah tersebut:
Langkah
1. Persiapan
Siapkan rancangan
pembelajaran dengan membuat Skenario Pembelajaran (SP) dan Lembar Kerja Siswa
(LKS).
Langkah
2. Pembentukan kelompok
Guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok yang
beranggotakan 3-5 orang siswa. Guru memberi nomor kepada setiap siswa dalam
kelompok dan nama kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibentuk merupakan
percampuran yang ditinjau dari latar belakang sosial, ras, suku, jenis kelamin
dan kemampuan belajar. Jika diperlukan dalam pembentukan kelompok digunakan
nilai tes awal (pre-test) sebagai dasar dalam menentukan masing-masing kelompok.
Langkah
3. Tiap kelompok memiliki buku panduan
Buku
panduan memudahkan siswa dalam menyelesaikan LKS atau masalah yang diberikan
oleh guru.
Langkah
4. Diskusi masalah
Dalam
kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap siswa sebagai bahan yang akan
dipelajari. Setiap siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan
bahwa tiap orang mengetahui jawaban dari pertanyaan yang telah ada dalam LKS
atau pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Pertanyaan dapat bervariasi,
dari yang bersifat spesifik sampai yang bersifat umum.
Langkah
5. Memanggil nomor anggota atau
pemberian jawaban
Guru
menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama
mengangkat tangan dan menyampaikan jawaban kepada siswa di kelas.
Langkah
6. Memberi kesimpulan
Guru
bersama siswa menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan
dengan materi yang dipelajari.
Referensi:
Ibrahim,
M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri
Surabaya University Press.
No comments:
Post a Comment