Pembelajaran
kooperatif adalah pembelajaran yang menggunakan kelompok kecil sehingga siswa
bekerja bersama untuk memaksimalkan kegiatan belajarnya sendiri dan juga
anggota yang lain. Kegiatan kooperatif dapat dikatakan eksis apabila dua orang
atau lebih bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama.
Beberapa tipe
model pembelajaran kooperatif adalah Jigsaw, NHT, STAD, TAI, Think-Pair-Share, Picture and Picture,
Problem Solving, Problem Posing, TGT, CIRC, and Cooperative Script.
Pembelajaran
kooperatif sangat bermanfaat bagi peserta didik, namun juga memiliki sejumlah
keterbatasan.
Adapun
manfaat pembelajaran kooperatif adalah :
1.
Meningkatkan
hasil belajar peserta didik.
2.
Meningkatkan
hubungan antar kelompok, belajar kooperatif memberi kesempatan kepada siswa
untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan teman satu tim untuk mencerna materi
pembelajaran.
3.
Meningkatkan
rasa percaya diri dan memotivasi belajar, belajar kooperatif dapat membina
kebersamaan, peduli satu sama lain dan tenggang rasa, serta mempunyai andil
terhadap keberhasilan tim.
4.
Menumbuhkan
realisasi kebutuhan peserta didik untuk belajar berpikir, belajar kooperatif
dapat diterapkan untuk berbagai materi ajar, seperti pemahaman yang rumit,
pelaksanaan kajian proyek, dan latihan memecahkan masalah.
5.
Memadukan dan
menerapkan pengetahuan dan keterampilan.
6.
Meningkatkan
perilaku dan kehadiran di kelas.
7.
Relatif murah
karena tidak memerlukan biaya khusus untuk menerapkannya.
Adapun
keterbatasan pembelajaran kooperatif adalah :
1.
Memerlukan
waktu yang cukup bagi setiap peserta didik untuk bekerja dalam tim.
2.
Memerlukan
latihan agar peserta didik terbiasa bekerja dalam tim.
3.
Model belajar
kooperatif yang diterapkan harus sesuai dengan pembahasan materi ajar, materi
ajar harus dipilih sebaik-baiknya agar sesuai dengan misi belajar kooperatif.
4.
Memerlukan
format penilaian belajar yang berbeda.
5.
Memerlukan
kemampuan khusus guru untuk mengkaji berbagai teknik pelaksanaan pembelajaran
kooperatif.
Referensi:
______. 2012. Cooperative Learning. [Online]. (Tanggal Akses: 19/01/13 15.09 WIB)
Arini, Yusti. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dan Aplikasinya sebagai UpayaPeningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. [Online]. (Tanggal Akses: 19/01/13 14.20 WIB)
Muhammad, Karwapi. 2012. Manfaat dan Keterbatasan Model PembelajaranKooperatif (Cooperative Learning). [Online].
(Tanggal Akses: 19/01/13 14.15 WIB)
No comments:
Post a Comment