KEBUNKU
A. Pengantar
Rumah merupakan
lingkungan pertama yang dikenal oleh peserta didik. Rumah juga merupakan tempat
peserta didik dibesarkan dan menghabiskan sebagian besar waktunya. Hal tersebut
memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan peserta didik, baik dari segi
perkembangan fisik, psikologi, maupun kecerdasannya. Sehingga penting bagi
peserta didik untuk mengenal lingkungan rumahnya. Mengenal lingkungan rumah
dapat di mulai dengan mengenal kamar pribadinya, ruang keluarga, ruang tamu,
dapur, kamar mandi, ruang tengah, maupun lingkungan di luar rumah seperti teras
atau kebun/taman rumahnya dan tentunya mengenal penghuni rumah yang lain dengan
baik. Peserta didik yang mengenal dengan baik lingkungan rumahnya dapat belajar
dan memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Ketika peserta didik dapat beradaptasi
dengan lingkungan rumahnya, maka peserta didik akan lebih mudah mengembangkan
potensi yang dimilikinya karena mendapat dukungan dari lingkungan tersebut serta
dapat berperan dan bertindak sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungan
tempat tinggalnya.
Lingkungan rumah
menjadi tempat strategis untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta
didik karena peserta didik akan lebih banyak menghabiskan waktunya di
lingkungan rumah. Sekolah atau guru dapat melakukan kerja sama dengan orang tua
peserta didik atau membuat rancangan kegiatan yang dapat dilakukan peserta
didik secara mandiri. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan-kegiatan ringan,
seperti: menggambar bagian-bagian tertentu rumah dan sekitarnya, menuliskan
dalam bentuk cerita mengenai kejadian menarik yang terjadi di lingkungan rumah,
menyiram bunga di taman pada pagi atau sore hari, dan masih banyak kegiatan
lain yang dapat dilakukan peserta didik secara mandiri dan menyenangkan
sehingga kegiatan tersebut tidak menjadi beban bagi peserta didik melainkan
dapat menjadi sarana bermain yang terarah serta memiliki manfaat bagi
perkembangan sikap peserta didik.
Kebun atau taman
rumah dapat dimanfaatkan sebagai tempat membelajarkan anak/ peserta didik.
Peserta didik dapat belajar bercocok tanam, merawat tanaman dan sebagainya di
taman rumahnya dengan bimbingan dari orang tua atau dengan melakukan kunjungan
kelas ke rumah seorang peserta didik yang memiliki taman karena tidak semua
rumah memiliki taman terutama rumah-rumah di daerah perkotaan yang
berdesak-desakan. Selain itu, pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri
kepada siswa dengan membagi siswa ke beberapa kelompok sehingga siswa yang
rumahnya tidak memiliki taman dapat tetap belajar karena tugas tersebut dapat
dikerjakan di rumah salah satu anggota kelompok yang memiliki taman.
B. Tujuan
1. Mengenalkan
peserta didik pada lingkungan rumah.
2. Menanamkan
rasa memiliki lingkungan rumah.
3. Menjaga
kebersihan lingkungan rumah terutama kebun/taman rumah.
4. Menyayangi
dan merawat tanaman di kebun/taman rumah.
C. Bahan
dan alat
1. Foto
taman dan tanaman
2. Peralatan
berkebun (disesuaikan dengan kebutuhan)
3. Air
4. Tanaman
D. Waktu
1. Di
sekolah : Disesuaikan dengan
kebutuhan pembelajaran.
2. Di
rumah : Pagi atau sore hari.
E. Langkah
kegiatan
1. Lakukan
kegiatan di luar kelas/taman rumah salah satu peserta didik yang berada di
sekitar sekolah. Sebelumnya telah ada komunikasi antara pendidik dan orang tua
peserta didik sebagai pemilik rumah, diharapkan orang tua peserta didik
terlibat memberikan bimbingan ceraca langsung kepada peserta didik, diutamakan
orang tua pendidik memiliki pengetahuan mengenai tanaman/taman.
2. Bimbing
peserta didik untuk melingkari sebuah tanaman.
3. Bersama-sama
menyanyi lagu kebunku.
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
4. Perlihatkan
foto tanaman.
5. Demonstrasikan
cara menyiram tanaman dan membersihkan kebun, beri kesempatan kepada peserta
didik untuk terlibat secara langsung.
6. Kembali
ke kelas setelah mencuci tangan dengan sabun (apabila kegiatan dilakukan pada
pertengahan jam pelajaran), lalu sampaikan kepada peserta didik untuk melakukan
kegiatan yang telah dicontohkan dalam pembelajaran untuk dilakukan di rumah
masing-masing dan diterapkan dalam merawat taman di sekolah.
F. Penegasan
1. Instruksikan
peserta didik untuk melakukan kegiatan
yang telah dipelajari selama pembelajaran, untuk dilakukan di rumah. Peserta
didik diminta untuk menyiram sebuah tanaman pada pagi hari sebelum berangkat ke
sekolah dan membersihkan kebun/taman pada sore hari. Pendidik dapat melakukan
kerja sama dengan orang tua peserta didik untuk memberikan bimbingan kepada
peserta didik selama melakukan kegiatan di rumah.
2. Setiap
pagi sebelum kegiatan pembelajaran di mulai, peserta didik bersama-sama merawat
tanaman di taman kelas/sekolah. Sebelum pulang, peserta didik membersihkan
sampah di dalam kelas.
G. Evaluasi
1. Tes
kinerja
No.
|
Pertanyaan
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
1
|
Bagaimana antusiasme peserta didik selama pembelajaran?
|
||||
2
|
Bagaimana pemahaman peserta didik mengenai perlunya menjaga
kebersihan kebun/taman rumah?
|
||||
3
|
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi yang
disampaikan?
|
||||
4
|
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran
yang dilakukan?
|
||||
5
|
Bagaimana tanggapan orang tua peserta didik terhadap program
pembelajaran yang dikembangkan pendidik?
|
||||
6
|
Bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti
pembelajaran?
|
||||
7
|
Bagaimana sikap peserta didik selama pembelajaran
berlangsung?
|
||||
8
|
Bagaimana pengaruh pembelajaran terhadap perubahan sikap
peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?
|
2. Tes
sikap
No.
|
Pernyataan
|
S
|
KS
|
R
|
TS
|
1
|
Nina menyiram tanaman yang berada di taman rumahnya setiap
pagi sebelum berangkat ke sekolah.
|
||||
2
|
Susi membuang sampah sembarangan di taman.
|
||||
3
|
Ayah menanam bunga mawar di taman.
|
||||
4
|
Leni mencabut tanaman bunga yang berada di taman rumah
tetangganya.
|
||||
5
|
Ibu mencabut rumput yang mengganggu tanaman.
|
||||
6
|
Kakak mencuci tangan dengan sabun setelah menyiram bunga.
|
||||
7
|
Ayah memberi pupuk tanaman tomat.
|
||||
8
|
Andi tidak pernah menyiram tanaman di taman rumahnya .
|
||||
9
|
Sari menyiram tanaman bunga mawar seminggu sekali.
|
||||
10
|
Adik membuang sampah yang tergeletak di taman ke tempat
sampah.
|
No comments:
Post a Comment