01/03/2012

CONTOH RKP PLH SD TEMA: KEBUNKU


KEBUNKU

A.    Pengantar
Rumah merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh peserta didik. Rumah juga merupakan tempat peserta didik dibesarkan dan menghabiskan sebagian besar waktunya. Hal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan peserta didik, baik dari segi perkembangan fisik, psikologi, maupun kecerdasannya. Sehingga penting bagi peserta didik untuk mengenal lingkungan rumahnya. Mengenal lingkungan rumah dapat di mulai dengan mengenal kamar pribadinya, ruang keluarga, ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang tengah, maupun lingkungan di luar rumah seperti teras atau kebun/taman rumahnya dan tentunya mengenal penghuni rumah yang lain dengan baik. Peserta didik yang mengenal dengan baik lingkungan rumahnya dapat belajar dan memanfaatkan lingkungan sekitarnya. Ketika peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan rumahnya, maka peserta didik akan lebih mudah mengembangkan potensi yang dimilikinya karena mendapat dukungan dari lingkungan tersebut serta dapat berperan dan bertindak sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungan tempat tinggalnya.
Lingkungan rumah menjadi tempat strategis untuk menanamkan nilai-nilai moral kepada peserta didik karena peserta didik akan lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan rumah. Sekolah atau guru dapat melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik atau membuat rancangan kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik secara mandiri. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan-kegiatan ringan, seperti: menggambar bagian-bagian tertentu rumah dan sekitarnya, menuliskan dalam bentuk cerita mengenai kejadian menarik yang terjadi di lingkungan rumah, menyiram bunga di taman pada pagi atau sore hari, dan masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan peserta didik secara mandiri dan menyenangkan sehingga kegiatan tersebut tidak menjadi beban bagi peserta didik melainkan dapat menjadi sarana bermain yang terarah serta memiliki manfaat bagi perkembangan sikap peserta didik.
Kebun atau taman rumah dapat dimanfaatkan sebagai tempat membelajarkan anak/ peserta didik. Peserta didik dapat belajar bercocok tanam, merawat tanaman dan sebagainya di taman rumahnya dengan bimbingan dari orang tua atau dengan melakukan kunjungan kelas ke rumah seorang peserta didik yang memiliki taman karena tidak semua rumah memiliki taman terutama rumah-rumah di daerah perkotaan yang berdesak-desakan. Selain itu, pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri kepada siswa dengan membagi siswa ke beberapa kelompok sehingga siswa yang rumahnya tidak memiliki taman dapat tetap belajar karena tugas tersebut dapat dikerjakan di rumah salah satu anggota kelompok yang memiliki taman.

B.     Tujuan
1.      Mengenalkan peserta didik pada lingkungan rumah.
2.      Menanamkan rasa memiliki lingkungan rumah.
3.      Menjaga kebersihan lingkungan rumah terutama kebun/taman rumah.
4.      Menyayangi dan merawat tanaman di kebun/taman rumah.

C.     Bahan dan alat
1.      Foto taman dan tanaman
2.      Peralatan berkebun (disesuaikan dengan kebutuhan)
3.      Air
4.      Tanaman

D.    Waktu
1.      Di sekolah       : Disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.
2.      Di rumah         : Pagi atau sore hari.

E.     Langkah kegiatan
1.      Lakukan kegiatan di luar kelas/taman rumah salah satu peserta didik yang berada di sekitar sekolah. Sebelumnya telah ada komunikasi antara pendidik dan orang tua peserta didik sebagai pemilik rumah, diharapkan orang tua peserta didik terlibat memberikan bimbingan ceraca langsung kepada peserta didik, diutamakan orang tua pendidik memiliki pengetahuan mengenai tanaman/taman.
2.      Bimbing peserta didik untuk melingkari sebuah tanaman.
3.      Bersama-sama menyanyi lagu kebunku.
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
4.      Perlihatkan foto tanaman.
5.      Demonstrasikan cara menyiram tanaman dan membersihkan kebun, beri kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara langsung.
6.      Kembali ke kelas setelah mencuci tangan dengan sabun (apabila kegiatan dilakukan pada pertengahan jam pelajaran), lalu sampaikan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan yang telah dicontohkan dalam pembelajaran untuk dilakukan di rumah masing-masing dan diterapkan dalam merawat taman di sekolah.

F.      Penegasan
1.      Instruksikan  peserta didik untuk melakukan kegiatan yang telah dipelajari selama pembelajaran, untuk dilakukan di rumah. Peserta didik diminta untuk menyiram sebuah tanaman pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah dan membersihkan kebun/taman pada sore hari. Pendidik dapat melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik selama melakukan kegiatan di rumah.
2.      Setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran di mulai, peserta didik bersama-sama merawat tanaman di taman kelas/sekolah. Sebelum pulang, peserta didik membersihkan sampah di dalam kelas.

G.    Evaluasi
1.      Tes kinerja
No.
Pertanyaan
BS
B
C
K
1
Bagaimana antusiasme peserta didik selama pembelajaran?




2
Bagaimana pemahaman peserta didik mengenai perlunya menjaga kebersihan kebun/taman rumah?




3
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi yang disampaikan?




4
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?




5
Bagaimana tanggapan orang tua peserta didik terhadap program pembelajaran yang dikembangkan pendidik?




6
Bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?




7
Bagaimana sikap peserta didik selama pembelajaran berlangsung?




8
Bagaimana pengaruh pembelajaran terhadap perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?





2.      Tes sikap
No.
Pernyataan
S
KS
R
TS
1
Nina menyiram tanaman yang berada di taman rumahnya setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah.




2
Susi membuang sampah sembarangan di taman.




3
Ayah menanam bunga mawar di taman.




4
Leni mencabut tanaman bunga yang berada di taman rumah tetangganya.




5
Ibu mencabut rumput yang mengganggu tanaman.




6
Kakak mencuci tangan dengan sabun setelah menyiram bunga.




7
Ayah memberi pupuk tanaman tomat.




8
Andi tidak pernah menyiram tanaman di taman rumahnya .




9
Sari menyiram tanaman bunga mawar seminggu sekali.




10
Adik membuang sampah yang tergeletak di taman ke tempat sampah.






No comments:

Post a Comment