07/03/12

CONTOH RKP PLH SD TEMA: LINGKUNGAN ALAMI DAN LINGKUNGAN BUATAN


A.    Mengenal lingkungan buatan dan lingkungan alami di sekitar kita
Pengertian dari Lingkungan adalah sesuatu yang berada di luar atau sekitar mahluk hidup. Para ahli lingkungan memberikan definisi bahwa lingkungan (enviroment atau habitat) adalah suatu sistem yang kompleks di mana berbagai faktor berpengaruh timbal-balik satu sama lain dan dengan masyarakat tumbuh-tumbuhan. Sementara pengertian dari lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang berpengaruh pada kelangsungan perikehidupan dan kesejahtraan manusia serta mahkluk hidup lainnya. Sementara dalam cakupan bahasan di sini konsep lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan alami dan lingkungan buatan. Lingkungan alami adalah segala sesuatu yang telah ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan, dalam perkembangannya belum mengalami pembaruan oleh manusia sehingga masih tetap terjaga dan tidak termodifikasi. Selanjuatnya lingkungan buatan, lingkungan buatan merupakan suatu lingkungan yang sengaja dibuat oleh manusia baik dengan memodifikasi lingkungan alami yang sudah ada maupun membuat lingkungan baru yang sebelumnya belum ada baik itu dengan menyerupai lingkungan alami atau benar-benar berbeda dan sebelumnya sama sekali belum ada untuk kepentingan tertentu dalam rangka menunjang kehidupan manusia agar memberikan kemudahan dalam hal-hal tertentu.

B.     Pengantar
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan alami dan lingkungan buatan. Berikut penjelasan mengenai lingkungan alami dan lingkungan buatan:
1.      Lingkungan alami
Lingkungan alami adalah segala sesuatu yang telah ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan, dalam perkembangannya belum mengalami pembaruan oleh manusia sehingga masih tetap terjaga dan tidak termodifikasi. Bentuk lingkungan alami dimuka bumi berbeda-beda. Contoh: pegunungan, sungai, danau, pantai dan laut, dll.
a.       Pegunungan
Salah satu bentuk alam yang dapat dilihat adalah bentang alam yang berupa deretan gunung yang bersambung. Pegunungan termasuk dataran tinggi. Udara di pegungungan biasanya sejuk dan bahkan ada yang sangat dingin. Daerah pegunungan sangat cocok untuk bercocok tanan buah, sayur dan bunga.
Daerah pegunungan juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata. Daerah pegunungan banyak ditumbuhi tanaman yang dapat menyerap dan menyimpan air hujan untuk mencegah terjadinya erosi. Erosi adalah pengikisan tanah oleh air hujan yang dapat menyebabkan  banjir dan tanah longsor.
b.      Sungai
Sungai juga termasuk kenampakan alam. Sungai banyak memberikan manfaat bagi manusia. Manfaat sungai antara lain: untuk mandi, mencuci, pengairan lahan pertanian (irigasi) dan sarana transportasi (untuk sungai-sungai besar di luar pulau Jawa). Di sungai banyak hidup berbagai binatang air seperti: ikan, buaya dan katak.
c.       Danau
Danau merupakan kenampakan lingungan alam. Danau terjadi karena adanya cekungan di alam yang terisi air, baik dari air hujan maupun dari mata air yang ada di tempat tersebut. Danau juga dimanfaatkan sebagai tempat penampungan air.
Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danau bagi kehidupan manusia antara lain untuk :
·         Budidaya ikan air tawar
·         Tempat wisata
·         Irigasi / pengairan sawah
·         Sarana olahraga ( dayung).


d.      Pantai
Pantai adalah daerah perbatasan antara laut dan daratan. Pantai biasanya banyak ditumbuhi pohon kelapa dan tumbuhan bakau. Tumbuhan bakau berguna untuk menahan abrasi/erosi yang disebabkan gelombang air laut dan tempat hidup ikan. Pantai yang indah menjadi salah satu objek wisata yang digemari banyak orang.
e.       Laut
Laut termasuk dalam kenampakan alam yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Laut menyimpan banyak kekayaan alam, seperti ikan dan mutiara. Di dasar laut juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyak bumi dan gas. Laut menjadi sarana transportasi yang penting, baik dalam satu negara maupun antarnegara. Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, seperti berenang, menyelam, ski air, selancar, dan perahu layar. Dan masih ada banyak contoh lainnya.

2.      Lingkunan buatan
Lingkungan buatan adalah segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh: waduk, lahan pertanian, tambak, perkebunan, dan pemukiman penduduk.
a.       Waduk
Waduk dibuat manusia untuk menapung air hujan. Waduk juga sebagai tempat berkumpulnya aliran sungai atau tempat penampungan air di wilayah yang bersangkutan. Manfaat waduk bagi manusia antara lain:
·         Pembangkit listrik
·         Irigasi / pengairan sawah
·         Budidaya ikan air tawar
·         Tempat rekreasi
·         Pengendali banjir
·         Kegiatan olahraga.

b.      Lahan Pertanian
Indonesia merupakan negara yang mempunya lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian yang ada di Indonesia dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk kegiatan petanian seperti bertani padi, jagung, sayuran, buah, dan tanaman lainnya. Sebagian besar penduduk di negara kita bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hasil pertanian berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
c.       Tambak
Usaha tambak dilakukan di daerah dekat pantai. Petani tambak menggunakan daerah pantai untuk usaha tambak udang dan bandeng.
d.      Perkebunan
Tanaman di daerah pegunungan adalah jenis tanaman perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik di daerah sejuk seperti teh, kopi, dan tembakau.
Selain di dataran tinggi, usaha perkebunan juga dilakukan di tempat lain. Contoh hasil perkebunan lainnya adalah kelapa sawit, karet, cokelat, kapas, dan sebagainya. Perkebunan juga termasuk dalam lingkungan buatan. Perkebunan dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kepentingan hidupnya.
e.       Pemukiman
Pemukiman penduduk merupakan suatu wilayah yang digunakan untuk tempat tinggal masyarakat. Pemukiman penduduk juga termasuk dalam lingkungan buatan, karena pemukiman dibuat manusia untuk tujuan tertentu yaitu sebagai tempat tinggal. Kawasan pemukiman penduduk adalah suatu tempat berupa rumah-rumah yang dibangun pada lahan tertentu. Masih banyak bentuk-bentuk lingkungan buatan yang semakin pesat perkembangannya akhir-akhir ini, bahkan mungkin mengalahkan jumlah lingkungan alami yang kian hari kian punah dan sulit dipertahankan.


C.    Tujuan
1.      Peserta didik dapat menjelaskan dan membedakan pengertian lingkungan alami dan lingkungan buatan.
2.       Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh lingkungan alami dan lingkungan buatan.
3.       Peserta didik dapat menyebutkan lingkungan alami dan buatan di sekitar sekolah dengan menunjukkan contoh.

D.    Bahan dan alat
1.      Buku IPS SD kelas III
2.      Gambar contoh lingkungan alami yang tidak terdapat di lingkungan sekitar peserta didik.
3.      LKS

E.     Waktu
2 x 35 menit

F.     Langkah kegiatan
§  Kegiatan Awal
       Apersepsi  dan Motivasi :
F Pendidik menguji kemampuan peserta didik dengan tanya jawab sebagai pre test mengenai lingkungan dan penyamaan persepsi mengenai lingkungan.
F Pendidik menyampaikan sebuah cerita singkat yang memberikan pemahaman mengenai lingkungan pada peserta didik yang memuat lima sifat Allah.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi pendidik membimbing peserta didik agar:
F Peserta didik dapat memahami konsep lingkungan alami.
@  Pendidik mengajak peserta didik ke luar kelas dan menunjukan langsung sebuah gunung (dapat beberapa contoh bila memungkinkan) sebagai contoh lingkungan alami (tanpa menyebutkan terlebih dahulu bahwa itu merupakan lingkungan alami) dan meminta peserta didik untuk mengamati baik-baik objek tersebut.
@  Pendidik meminta kepada beberapa peserta didik untuk berpendapat mengenai apa yang baru saja diamati.
@  Bersama-sama menyanyikan lagu naik gunung, untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.
“Naik - naik, ke puncak gunung
 tinggi - tinggi sekali
 Naik - naik, ke puncak gunung
 tinggi - tinggi sekali
Kiri - kanan kulihat saja
                    banyak pohon cemara
Kiri - kanan kulihat saja
banyak pohon cemara”
F Peserta didik dapat memahami konsep lingkungan buatan.
@  Pendidik menunjukan langsung taman sekolah (dapat beberapa contoh bila memungkinkan) sebagai contoh lingkungan buatan (tanpa menyebutkan terlebih dahulu bahwa itu merupakan lingkungan buatan) dan meminta peserta didik untuk mengamati baik-baik objek tersebut.
@  Bersama-sama menyanyikan lagu kebunku.
“Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!”

G.    Penegasan
& Elaborasi
Kegiatan elaborasi kembali dilakukan di dalam kelas, pendidik menginstruksikan:
F Peserta didik dibagi dalam dua kelompok.
F Kelompok satu, masing-masing peserta didik menulis sebuah kalimat (memperhatikan penggunaan ejaan) yang mewakili hasil pengamatan mereka (lingkungan alami).
F Kelompok dua, masing-masing peserta didik menulis beberapa kalimat (memperhatikan penggunaan ejaan) yang mewakili hasil pengamatan mereka (lingkungan buatan).
F Peserta didik membandingkan jawaban dengan teman sebangku.
F Peserta didik membicarakan bersama teman sebangku bila ada perbedaan jawaban (menumbuhkan sikap toleransi).
F Bersama-sama, peserta didik menarik kesimpulan mengenai objek pengamatan (kesimpulan diarahkan kepada pemahaman konsep lingkungan alami dan buatan).
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi:
F Pendidik dan peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami peserta didik.
F Pendidik bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kekeliruan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
§  Kegiatan Penutup
F Pendidik membimbing peserta didik menyamakan persepsi.
F Pendidik menyimpulkan hasil pembelajaran.
F Pendidik memberikan tugas rumah individu untuk menulis cerita minimal satu paragraf mengenai lingkungan rumah peserta didik.

H.    Evaluasi
1.      Tes kinerja
No.
Pertanyaan
BS
B
C
K
1
Bagaimana antusiasme peserta didik selama pembelajaran?




2
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?




3
Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap materi yang disampaikan?




4
Bagaimana pemahaman peserta didik mengenai lingkungan?




5
Bagaimana pemahaman peserta didik mengenai perbadaan lingkungan alami dan buatan?




6
Bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?




7
Bagaimana sikap peserta didik selama pembelajaran berlangsung?




8
Bagaimana pengaruh pembelajaran terhadap perubahan sikap peserta didik setelah mengikuti pembelajaran?




Ket:
BS
: Baik Sekali
C
: Cukup
B
: Baik
K
: Kurang

2.      Tes sikap
No.
Pernyataan
S
KS
R
TS
1
Gunung adalah lingkungan buatan karena setiap hari ayah mencangkul di kaki gunung.




2
Arry menyiran bungan setiap pagi di taman. Taman adalah lingkungan buatan.




3
Laut adalah lingkungan alami karena manusia tidak bisa membuat laut.




4
Ibu pergi ke pasar setiap pagi. Pasar adalah lingkungan alami karena sudah ada sejak lama.




5
Ayah menanam padi di sawah. Sawah adalah lingkungan buatan..




6
Rumah tempat saya tinggal adalah lingkungan buatan.




7
Paman pergi ke dekat air terjun. Air terjun adalah lingkungan buatan.




8
Manusia dapat membuat rumah.




9
Gurun pasir adalah lingkungan alami.




10
Waduk adalah lingkungan alami karena ada banyak air di dalamnya.




            Ket:
S
: Setuju
R
: Ragu-ragu
KS
: Kurang Setuju
TS
: Tidak Setuju


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar