19/06/2012

Contoh RPP IPA SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : SD
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Waktu            : 4 x 35 menit
 

A.    Standar Kompetensi:
1.      Energi dan Perubahannya
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar :
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
C.    Indikator:
Indikator ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu, peserta didik:
1.      Mendeskripsikan energi panas.
2.      Menjelaskan sifat-sifat energi panas.
3.      Mendeskripsikan energi bunyi.
4.      Menjelaskan sifat-sifat energi bunyi.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik memperoleh pengalaman belajar melalui kegiatan eksperimen/percobaan diharapkan peserta didik mampu mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
E.     Karakter siswa yang diharapkan
  • Disiplin (discipline).
  • Tanggung jawab (responsibility).
  • Aktif
  • Percaya diri
F.     Materi Pembelajaran
a.       Energi Panas
b.      Energi Bunyi

G.    Alokasi Waktu
4 x 35 menit

H.    Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
2.      Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan konsep.
3.      Metode  yang digunakan dalam proses pembelajaran ini adalah metode ceramah, eksperimen dan diskusi.

I.       Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
& Apersepsi  dan Motivasi :
F Pendidik menyapa peserta didik.
“Selamat pagi/siang.”
“Bagaimana kabar kalian hari ini?”
F Pendidik mengukur kemampuan peserta didik dengan curah pendapat mengenai berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan sedikit menyinggung mengenai energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar dengan sifat-sifatnya.
“Cuaca hari ini cerah. Matahari bersinar terik. Jika kalian berdiri di lapangan sana (sambil menunjuk lapangan), apa yang akan kalian rasakan?”
“...” jawaban peserta didik.
“...” dst.

2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi pendidik membimbing peserta didik agar:
F Peserta didik dapat memahami konsep berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik yang disebut sebagai kelompok asal.
F Masing-masing kelompok mendapat lembar konsep yang terdiri dari konsep energi panas, konsep sifat energi panas, konsep energi bunyi, dan konsep sifat energi bunyi.
F Masing-masing peserta didik dalam kelompok memilih satu topik yang akan dipelajari.
F Peserta didik yang memilih topik bahasan yang sama berkumpul membentuk kelompok baru yang disebut kelompok ahli.
F Peserta didik dalam kelompok ahli mendiskusikan topik yang didapatkan dengan bimbingan guru.
F Peserta didik kembali ke kelompok asal setelah selesai berdiskusi.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Peserta didik berkumpul dalam kelompok asal.
F Setiap kelompok mendapatkan LKS untuk menguji beberapa konsep yang telah didiskusikan dalam kelompok asal.
F Peserta didik mengerjakan LKS dalam kelompok asal.
F Peserta didik berdiskusi mengenai konsep yang tengah dipelajari bersama kelompok asal.
F Peserta didik membandingkan hasil diskusi dengan pekerjaan kelompok lain.
F Peserta didik mengkomunikasikan bersama teman sekelompok bila ada perbedaan jawaban.
F Bersama teman kelompok, peserta didik menarik kesimpulan mengenai energi panas dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar beserta sifat-sifatnya.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi:
F Peserta didik mendapat lembar soal.
F Peserta didik mengerjakan lembar soal dan mengumpulkan lembar soal kepada guru.
F Pendidik bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kekeliruan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Penutup
F Evaluasi keseluruhan kegiatan pembelajaran.
“Kita sudah belajar tentang energi panas dan energi bunyi yang ada di lingkungan sekitar kita. Tadi ... (kendala-kendala yang dialami ketika pembelajaran berlangsung). Kegiatan selanjutnya kita berusaha lebih baik lagi agar kita ... (harapan pembelajaran selanjutnya berdasarkan kendala-kendala yang dialami.
F Pendidik menutup kegiatan pembelajaran.
“Bersama-sama kita sudah mempelajari energi panas dan energi bunyi yang ada di lingkungan sekitar kita serta sifat-sifatnya. Sekarang kita tutup kegiatan kita kali ini. (Berdo’a dan mengucapkan salam).”

J.      Penilaian
a.       Tes lisan
b.      Tes tertulis (lembar soal)

K.    Alat dan Sumber Belajar
a.         Buku IPA SD kelas IV
b.        LKS
c.         Lingkungan sekolah
d.        Sumber-sumber lain yang relevan.


1 comment: