RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI
: SD
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
: IV/2
Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi:
1.
Energi dan Perubahannya
8. Memahami
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Kompetensi Dasar :
8.1
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
serta sifat-sifatnya.
C. Indikator:
Indikator ketercapaian
tujuan pembelajaran yaitu, peserta didik:
1. Mendeskripsikan
energi panas.
2. Menjelaskan
sifat-sifat energi panas.
3. Mendeskripsikan
energi bunyi.
4. Menjelaskan
sifat-sifat energi bunyi.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik memperoleh pengalaman belajar melalui kegiatan eksperimen/percobaan
diharapkan peserta didik mampu mendeskripsikan energi panas
dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.
E.
Karakter siswa yang diharapkan
- Disiplin (discipline).
- Tanggung jawab (responsibility).
- Aktif
- Percaya diri
F.
Materi Pembelajaran
a.
Energi Panas
b.
Energi Bunyi
G.
Alokasi
Waktu
4 x 35 menit
H.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Model
pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
2. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan konsep.
3. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran ini
adalah metode ceramah, eksperimen dan diskusi.
I.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
& Apersepsi dan Motivasi :
F Pendidik menyapa peserta
didik.
“Selamat
pagi/siang.”
“Bagaimana
kabar kalian hari ini?”
F Pendidik
mengukur kemampuan peserta didik dengan curah pendapat mengenai berbagai bentuk
energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dan sedikit
menyinggung mengenai energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
dengan sifat-sifatnya.
“Cuaca hari ini cerah. Matahari bersinar
terik. Jika kalian berdiri di lapangan sana (sambil menunjuk lapangan), apa
yang akan kalian rasakan?”
“...” jawaban peserta didik.
“...” dst.
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi pendidik membimbing peserta didik agar:
F Peserta
didik dapat memahami konsep
berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta
didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik yang
disebut sebagai kelompok asal.
F Masing-masing
kelompok mendapat lembar konsep yang terdiri dari konsep energi panas, konsep
sifat energi panas, konsep energi bunyi, dan konsep sifat energi bunyi.
F Masing-masing
peserta didik dalam kelompok memilih satu topik yang akan dipelajari.
F Peserta
didik yang memilih topik bahasan yang sama berkumpul membentuk kelompok baru
yang disebut kelompok ahli.
F Peserta
didik dalam kelompok ahli mendiskusikan topik yang didapatkan dengan bimbingan
guru.
F Peserta
didik kembali ke kelompok asal setelah selesai berdiskusi.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
F Peserta
didik berkumpul dalam kelompok asal.
F Setiap
kelompok mendapatkan LKS untuk menguji beberapa konsep yang telah didiskusikan
dalam kelompok asal.
F Peserta
didik mengerjakan LKS dalam kelompok asal.
F Peserta
didik berdiskusi mengenai konsep yang tengah dipelajari bersama kelompok asal.
F Peserta
didik membandingkan hasil diskusi dengan pekerjaan kelompok lain.
F Peserta
didik mengkomunikasikan bersama teman sekelompok bila ada perbedaan jawaban.
F Bersama
teman kelompok, peserta didik menarik kesimpulan mengenai energi panas dan
bunyi yang ada di lingkungan sekitar beserta sifat-sifatnya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
F Peserta
didik mendapat lembar soal.
F Peserta
didik mengerjakan lembar soal dan mengumpulkan lembar soal kepada guru.
F Pendidik
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kekeliruan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan Penutup
F Evaluasi
keseluruhan kegiatan pembelajaran.
“Kita
sudah belajar tentang energi panas dan energi bunyi yang ada di lingkungan
sekitar kita. Tadi ... (kendala-kendala yang dialami ketika pembelajaran
berlangsung). Kegiatan selanjutnya kita berusaha lebih baik lagi agar kita ...
(harapan pembelajaran selanjutnya berdasarkan kendala-kendala yang dialami.
F Pendidik
menutup kegiatan pembelajaran.
“Bersama-sama
kita sudah mempelajari energi panas dan energi bunyi yang ada di lingkungan
sekitar kita serta sifat-sifatnya. Sekarang kita tutup kegiatan kita kali ini.
(Berdo’a dan mengucapkan salam).”
J.
Penilaian
a.
Tes lisan
b.
Tes tertulis (lembar soal)
K.
Alat
dan Sumber Belajar
a.
Buku IPA SD
kelas IV
b.
LKS
c.
Lingkungan
sekolah
d.
Sumber-sumber lain yang
relevan.
Tidak ada alat penilaian ya?
ReplyDelete