25/10/2010

KEPADATAN PENDUDUK DI INDONESIA


BAB II
lSI

A.    Pengertian Populasi Penduduk
1.       Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berada pada wilayah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.
2.      Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
a.       Orang yang tinggal di daerah tersebut
b.      Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai sur at resmi untuk tinggal di tempat itu. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
3.       Dalarn sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
4.      Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sarna lain secara terus menerus / continue.
B.       Kondisi Kepadatan Penduduk atau Populasi di Indonesia

Laju pertumbuhan penduduk lebih tinggi di negara berkembang dibanding dengan negara maju. Kepadatan penduduk dihitung dengan membagi jumlah penduduk dengan luas area di mana mereka tinggal.
Penduduk dunia saat ini telah mencapai lebih dari 6 miliar, di mana di antara jumlah tersebut, 80 persen tinggal di negara-negara berkembang. Sementara itu, United Nations (2001) memproyeksikan bahwa penduduk perkotaan oi negaranegara berkembang terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan 2,4 persen per tahun. Angka ini merupakan dua kali lipat angka pertumbuhan penduduk total negara-negara berkembang pada umumnya, yakni sekitar 1,2 persen. Meski penduduk perkotaan di negara-negara maju juga meningkat dengan angka pertumbuhan yang lebih besar daripada angka pertumbuhan penduduk totalnya, dan juga angka urbanisasinya jauh iebih besar daripada negara-negara 3
berkembang, pertumbuhan perkotaan di negara-negara berkembang tetap lebih cepat disertai dengan meningkatnya penduduk perkotaan secara absolut.
Sensus Penduduk 2000 menunjukkan bahwa jumlah penduduk perkotaan di Indonesia telah mencapai lebih dari 85 juta jiwa, dengan laju kenaikan sebesar 4,40 persen per tahun selama kurun 1990-2000.Jumlah itu kira-kira hampir 42 persen dari total jumlah penduduk.

C.       Faktor-faktor Penyebab Meningkatnya Populasi Penduduk di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bertambahnya kepadatan penduduk di Indonesia adalah:
1. Kelahiran yang tinggi
2. Ketidakmerataan penyebaran penduduk
3. Adanya kepercayaan banyak anak banyak rejeki
4. Kurangnya pengetahuan mengenai program Keluarga Berencana (KB)

D.      Dampak dari Meningkatnya Kepadatan Penduduk
Akibat dari meningkatnya kepadatan penduduk di Indonesia menimbulkan beberapa dampak, antara lain:
1.      Meningkatnya angka kriminalitas.
2.      Meningkatnya angka kemiskinan.
3.      Pendapatan per kapita berkurang sehingga daya beli masyarakat menurun dan kemampuan menabung masyarakat menurun sehingga dana untuk pembangunan negara berkurang .
4.      Lapangan kerja menjadi berkurang dan pengangguran makin meningkat.
5.      Makin berkurangnya lahan produktif, seperti sawah dan perkebunan karena lahan tersebut dipakai untuk pemukiman.
6.      Menyebabkan arus mobilitas meningkat, akibatnya kebutuhan alat tranportasi meningkat dan kebutuhan energi seperti min yak bumi meningkat pula.
7.      menyebabkan makin meningkatnya limbah rumah tangga, seperti sampah dan lain-lain, hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
E.       Solusi untuk Mengatasi Masalah Kepadatan Penduduk di Indonesia
Untuk mengurangi dan mengimbangi pertambahan jumlah kepadatan penduduk, beberapa solusinya adalah sebagai berikut:
1. Melakukan transmigrasi,
2. Merencanakan program Keluarga Berencana (KB),
3. Penambahan dan penciptaan lapangan kerja, dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat maka diharapkan hilangnya kepercayaan banyak anak banyak rejeki,
4. Meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan,
5. Meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan. Hal ini untuk mengimbangi jangan sampai persediaan bahan pangan tidak diikuti dengan laju pertumbuhan. Setiap daerah diharapkan mengusahakan swasembada pangan agar tidak ketergantungan dengan daerah lainnya.

BAB III
PENUTUP


A. KESIMPULAN
Permasalahan kepadatan penduduk masih menjadi masalah bersama yang harus segera dicari solusinya dan diselesaikan agar masyarakat Indonesia dapat meningkatkan taraf hidupnya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang program Keluarga Berencana (KB). Selain itu, pemerataan penduduk di Indonesia pun belum merata karen a urbanisasi yang setiap tahunnya meningkat.

B. SARAN
Salah satu jalan keluamya adalah dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang program Keluarga Berencana (KB) dengan cara penyuluhan terhadap masyarakat terutama masyarakat kalangan bawah yang mempunyai anggapan 'banyak anak, banyak rejeki’.

DAFTAR PUSTAKA

.2010. Dampak Penduduk Lingkungan Hidup. [online]. [22 Oktober 2010.1 0:30WIB]
__. Perrnasalahan di Indonesia Terl1adap
Yani.2010. Pertumbuhanpenduduk, buat pengangguran membeludak.[ online ]. [23 oktober 201 0.1 0.00 WIB]
Kumiawan.2010.alih fungsi pertanian jadi perumahan marak.[online]. Sudah Tidak Tersedia : http://news.okezone.comlreadI201Oil0/05/338/379474/alih-fungsi-pertanianjadi-perumahan-marak .[22 oktober 2010.21.00 WIB]
Budi.2010. Nelayan Keluhkan Penumpukan Sampah di Pantai Loji. [online] tersedia:http://www.pikiran-rakyat.comlnodeI124077 . [23 oktober 2010.08.00 WIB]

disusun oleh: Darin, Aisyah, Ai, Mina.

No comments:

Post a Comment